Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Pantai Popoh Tulungagung

Posted by NANANG ARIADIN On Selasa, 06 November 2012 0 komentar



http://ed4n.blogspot.com/

ref#4

Pantai Popoh, adalah salah satu obyek wisata pantai yang terletak di Tulungagung, tepatnya di pesisir Samudra Hindia, 30 Km sebelah selatan kota Tulungagung. Pantai yang langsung berhadapan langsung dengan laut Bebas Samudera Hindia ini memang banyak menawarkan keeksotikan keindahan panorama pantai, baik wisata bahari maupun keindahan deburan ombaknya. 
http://ed4n.blogspot.com/

Pengunjung bisa melihat puluhan perahu nelayan bersandar di tepi pantai. Bergerak pelan, menjadi pemandangan yang cukup menarik. Saksikan birunya laut yang menghampar dan menjorok ke daratan dan rindangnya pohon menjadi tempat yang asik untuk bersantai.

Karakter pantai popoh adalah memiliki air yang cukup tenang dan angin yang tidak terlalu kuat. Pantai popoh di tulungagung berhadapan langsung dengan laut bebas Samudra Hindia, sehingga menawarkan  panorama pantai yang menakjubkan. Potensi alam pantai popoh sudah ada sejak 1980an, dengan bantuan pemerintah dan masyarakat setempat pantai popoh terus berkembang menjadi daerah wisata yang  banyak dikunjungi wisatawan lokal dan beberapa wisatawan mancanegara. Tahun 1986-an pengelolaan diberikan pada PT. Sutra Bina Samudera, hingga tahun 2006. Setelah itu dan hingga saat ini, Pantai Popoh kembali di bawah pengelolaan Pemkab Tulungagung, dalam hal ini berada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tulungagung. Bersamaan dengannya, pantai ini ditetapkan dengan nama Pantai Indah Popoh (PIP). Dari sisni dapat dijelaskan bahwa pantai ini memang dikelola dengan serius dan berkesinambungan oleh pemerintah daerah Tulugagung, hal ini dapat dilihat dengan kelengkapan fasilitas yang ditawarkan dan akses sarana dan prasarana yang ada. 

Dari tahun-ke tahun tingkat pengunjung selalu meningkat secara signifikan, sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa PIP memang menawarkan nilai lebih untuk dijadikan tempat rekreasi dan darmawisata. Suasana pantai yang berhadapan langsung dengan laut bebas menjadikan PIP bernuansa wisata bahari yang sesungguhnya. 

Jalur pertama adalah lewat Surabaya, perjalanan darat dengan mobil melewati kota Mojokerto, Jombang, Kertosono, Kediri, dan ke arah pusat kota Tulungagung. Sementara itu, kalau dari Lapangan Terbang Abdurrahman Saleh, Malang, wisatawan melalui jalur menuju Kepanjen, Wlingi, Blitar, dan lanjut ke pusta kota Tulungagung. Perjalanan dari pusat kota Tulungagung menuju kawasan Popoh melalui wilayah dataran tinggi. Jalan raya memiliki kontur naik-turun dan berkelok-kelok. 

Sebelum memasuki kawasan wisata Pantai Popoh, setiap mobil wisata dikenai tarif masuk. Waktu itu, biaya masuk yang berlaku adalah Rp 3.000 per orang. Kalaupun saat ini tarifnya naik, mungkin tidak akan terlalu besar.

Pantai Popoh dibagi menjadi dua kawasan, yaitu bagian barat dan bagian timur. Pantai Popoh bagian timur merupakan wilayah yang terjal dan berbatu-batu. Wisatawan tidak bisa jalan-jalan di pesisir pantai sebelah timur ini. Sebagaimana wilayah pantai selatan lainnya, ombak di Pantai Popoh sangat besar. Walau sudah dipasang pagar pengaman, setiap pengunjung harus selalu waspada saat berada di tepi tebing yang curam di Popoh bagian timur.

Kawasan barat terbilang lebih landai dan berombak kecil. Tempat wisata di bagian barat ini merupakan lokasi parkir perahu-perahu wisata yang bisa disewa oleh wisatawan. Bagian barat Popoh lebih crowded daripada bagian timur. Disana banyak nelayan yang hilir mudik mengangkut ikan hasil tangkapan semalam. Pada bagian barat Popoh juga terdapat kios-kios rakyat yang menjajakan beragam makanan khas Tulungagung dan hasil kerajinan masyarakat setempat.


Semoga artikel Pantai Popoh Tulungagung bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Posting Komentar